CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Jumat, 25 Juni 2010

9 Kecamatan di Gresik Ulang Pilkada

9 Kecamatan di Gresik Ulang Pilkada


Jumat, 25 Juni 2010

GRESIK – Mahkamah Konstitusi (MK) memerintahkan dilakukan pencoblosan ulang di sembilan kecamatan pada Pemilihan Kepala Daerah, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, karena terbukti terjadi pelanggaran.

Amar putusan MK terkait sengketa pilkada Gresik itu disampaikan kuasa hukum pasangan calon bupati dan calon wakil bupati Gresik, Sambari Halim-M Qosim (SQ), Hariyadi, yang dihubungi dari Gresik, Kamis, usai mengikuti sidang MK.

“MK memutuskan untuk dilakukan pemungutan suara ulang di sembilan kecamatan dan sekaligus menangguhkan pasangan Husnul Khuluq-Musyafak Noer sebagai pemenang pilkada Gresik yang ditetapkan Komisi Pemilihan Umum),” kata Hariyadi.

Pasangan SQ mengajukan gugatan kepada MK terkait keputusan KPU Gresik bernomor 80/Kpts/KPU GRESIK/014.329707/2010, yang menetapkan pasangan Husnul Khuluq-Musyafak Noer (Humas) sebagai pemenang pilkada.

Gugatan itu dilayangkan pasangan SQ terkait terjadinya pelanggaran dan kecurangan secara sistematik, masif dan terstruktur selama pelaksanaan pilkada Gresik pada 26 Mei 2010.

Sejumlah pelanggaran yang dilaporkan SQ, antara lain keterlibatan ribuan anak di bawah umur, yang diberi hak pilih dan mobilisasi siswa-siswi sekolah madrasah untuk mencoblos salah satu calon.

Keputusan MK tersebut lebih berat dari gugatan pasangan SQ yang menuntut pencoblosan ulang di enam kecamatan, yakni Menganti, Driyorejo, Benjeng, Cerme, Balongpanggang, dan Kedamean.

“Tiga kecamatan lain yang diputuskan MK untuk dilakukan coblosan ulang adalah Kecamatan Bungah, Duduk Sampean dan Kebomas.

Di tiga kecamatan itu juga telah terjadi pelanggaran,” ujar Hariyadi.

Hasil rekapitulasi perolehan suara KPU Gresik menetapkan pasangan Humas mengumpulkan 233.531 suara, mengungguli pasangan SQ yang mendapatkan 208.129 suara.

Sementara empat pasangan lain, yakni Bambang Suhartono-Abdullah Qonik memperoleh 94.025 suara, Mujitabah- Suwarno 7.260 suara, Moh. Nasihan-Samsul Ma’arif 26.288 suara, dan Sastro Soewito-Samwil 22.160 suara.
Ant/P-1

Komentar :

ada 0 comments ke “9 Kecamatan di Gresik Ulang Pilkada”

Total Tayangan Laman

Ada kesalahan di dalam gadget ini