CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Sabtu, 01 Januari 2011

Mengenal Hosting dan Domain


Mengenal Hosting dan Domain

Mengenal Hosting dan Domain


 Hosting dan domain adalah kata wajib yang harus kita ketahui sebelum mendaftarkan atau membeli sebuah omain atau hosting, ibarat kita mau mencari tempat tinggal atau toko tentu kita harus memiliki alamat tanah dan tentunya ada tempat yang bisa kita tinggali, mungkin itu sebuah ilustrasi ketika berada di dunia maya, begitu juga ketika kita akan menempati sebuah lokasi kita harus mnyewa atau mendaftarkan terlebih dahulu.


DOMAIN
Domain tidak bisa memiliki nama yang sam, sehingga siapa yang mendaftarkan pertama maka akan menjadi pemilik dari domain tersebut, seperti dfashionku.com yang saya beli di Jagoan Hosting Indonesia

ada beberapa type domain diantaranya adalah

Tidak bersponsor .biz .com .edu .gov .info .int .mil .name .net .org
Bersponsor .aero .cat .coop .jobs .mobi .museum .pro .tel .travel
Infrastruktur .arpa .root
Startup phase .asia
Diusulkan .berlin .bzh .cym .gal .geo .kid .kids .mail .nyc .post .sco .web .xxx
Dihapus .nato
Dipesan .example .invalid .localhost .test
Pseudo-domain .bitnet .csnet .ip .local .onion .uucp
Tidak resmi see Alternative DNS roots



HOSTING
Hosting biasanya memuat file berupa HTTP, FTP, EMAIL, atau DNS, sehingga ada beberapa petunjuk yang harus di lakukan sehina proses update bisa berjalan lancar. sedangkan untuk mendaftarkan Hosting Indonesia, ada beberapa pertimbangan yang mungkin bisa menjadi pilihan di antaranya

Hosting Indonesia, Hosting Murah, Domain dan Hosting Indonesia, 


  1. Kapasitas: Anda perlu memperhatikan berapa kapasitas yang dibutuhkan, apakah 25MB, 50MB atau 1GB. Anda harus memilih dengan cermat sesuai kebutuhan karena tentu saja semakin besar kapasitas biayanya semakin mahal.tentunya kita akan memilih Hosting Murah
  2. Teknologi yang digunakan: Apakah servernya Linux atau Windows, dan jika anda membuat file PHP apakah hostingnya mendukung file PHP? Demikian juga apabila anda membuat web menggunakan ASP, JSP, Perl, Python, dan Ruby apakah hostingnya mendukung? Karena itu anda harus teliti sebelum membeli, tanyakan langsung pada perusahaan hosting yang ingin anda beli / Domain dan Hosting Indonesia. Jangan sampai anda membuat website dengan PHP tetapi anda membeli hosting yang tidak mendukung PHP.
  3. Suppot: Periksa apakah perusahaan hosting yang ingin anda beli memiliki layanan support yang baik selama 24jam, jadi apabila tengah malam tiba-tiba anda mendapat masalah dengan website anda maka anda dapat menanyakan langsung kepada perusahaan hosting anda.
  4. Database: Apabila anda membuat website dinamis, pastikan anda memeriksa apakah mereka menyediakan database. Periksa juga berapa jumlah database yang disediakan dan apa saja apakah MySQL, PostgreSQL, Access dll.
  5. Backup: Apakah hosting anda membackup data anda setiap hari. Ini penting karena ada banyak hosting kurang ajar yang tidak melakukan back up dan apabila data anda tiba-tiba hilang mereka tidak mau tahu seperti yang di lakukan Jagoan Hosting Indonesia
  6. Bandwith: Anda harus memeriksa kapasitas bandwith yang disediakan. Bandwith merupakan besarnya data transfer dalam sebulan. Kira-kira begini maksudnya. Apabila sebuah perusahaan hosting menyediakan bandwith 1GB sebulan. Maka apabila anda memiliki sebuah file HTML dengan ukuran 20kb (sudah termasuk images) dan pengunjung website anda perhari sekitar 100 orang, maka anda menghabiskan bandwith perhari: 20kb x 100orang = 2000kb =2MB. Perbulan: 2MB x 31 = 62MB, apabila anda memiliki 10 halaman maka: 62MB x 10 = 620MB. Jadi perhatikan bandwith yang disediakan dengan ukuran file HTML anda, apabila pengunjung website anda semakin banyak tentu saja bandwithnya juga akan semakin besar. Kebanyakan hosting Indonesia menyediakan bandwith yang kecil, hosting luar negeri menyediakan bandwith yang lebih besar dan murah.

Tipe-tipe Hosting

Hosting ada bermacam-macam, yang peling banyak digunakan adalah virtual (shared) hosting. Dimana didalam satu server terdapat banyak hosting (salah satunya milik anda) dan terdapat banyak domain. Biasanya hosting yang satu ini yang paling banyak digunakan, biayanya juga lebih murah. Free Hosting, nah kalau yang ini merupakan hosting gratisan, anda tidak perlu membayar apa-apa tetapi biasanya akan banyak iklan yang muncul pada website anda dan anda tidak bisa memiliki domain sendiri. Dedicated Hosting, nah yang ini merupakan solusi yang paling mahal. Karena anda memiliki server sendiri dan dalam satu server tersebut hanya ada satu hosting dan domain milik anda. Anda memerlukan tenaga ahli untuk merawatnya. Collocated Hosting, yang satu ini juga solusi yang mahal, sama seperti memiliki server sendiri dikantor / rumah anda, tetapi pada Collocated Hosting servernya terletak diperusahaan hosting dan mereka yang merawatnya.

Hosting Indonesia, Hosting Murah, Domain dan Hosting Indonesia, Jagoan Hosting Indonesia

BISA JUGA MELIHAT VIDEONYA DISINI  Read More..

Komentar :

ada 0 comments ke “Mengenal Hosting dan Domain”

Total Tayangan Laman

Ada kesalahan di dalam gadget ini